LAPORAN AKHIR (PERCOBAAN 3)
b. lcd
4.Listing Program
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad
// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// set up the LCD's number of columns and rows:
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
5.Video
Metode scanning keypad adalah mendeteksi hubungan pin baris dan kolom karena tombol ditekan, secara berurutan, bergantian dan satu-persatu. Lebih jelasnya sebagai berikut :
§ Pin-pin kolom menjadi output dan pin-pin baris menjadi input.
§ Pin kolom dan pin baris kondisi awalnya (default) berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 1 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘1’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘4’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘7’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘*’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 2 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘2’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘5’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘8’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘0’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 3 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘3’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘6’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘9’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘#’
§ Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
§ Output pin kolom 4 berlogika 0 lalu deteksi :
· Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘A’
· Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘B’
· Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘C’
· Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘D’
7.Analisa
- Pada saat ingin menampilkan angka 5 6 7 8 dan mulainya di baris 2 kolom 7, analisa bentuk program dan displaynya!
8.Link download
download video disini
download rangkaian
download listing program disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar