LAPORAN AKHIR (PERCOBAAN 3)



1.Hardware
a. keypad

b. lcd





4.Listing Program
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}

5.Video


Metode scanning keypad adalah mendeteksi hubungan pin baris dan kolom karena tombol ditekan, secara berurutan, bergantian dan satu-persatu. Lebih jelasnya sebagai berikut :

           §  Pin-pin kolom menjadi output dan pin-pin baris menjadi input.
           §  Pin kolom dan pin baris kondisi awalnya (default) berlogika 1 semua.
           §  Output pin kolom 1 berlogika 0 lalu deteksi :
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘1’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘4’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘7’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘*’

           §  Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
           §  Output pin kolom 2 berlogika 0 lalu deteksi :   
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘2’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘5’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘8’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘0’

           §  Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
           §  Output pin kolom 3 berlogika 0 lalu deteksi :
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘3’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘6’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘9’
·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘#’

           §  Pin kolom dan pin baris kembali berlogika 1 semua.
           §  Output pin kolom 4 berlogika 0 lalu deteksi :
·       Jika input baris 1 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘A’
·       Jika input baris 2 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘B’
·       Jika input baris 3 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘C’

·       Jika input baris 4 berubah logika menjadi 0 maka karakter ‘D’


7.Analisa
  • Pada saat ingin menampilkan angka 5 6 7 8 dan mulainya di baris 2 kolom 7, analisa bentuk program dan displaynya!



8.Link download
download video disini
download rangkaian 
download listing program disini
download HTML disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar